Skip to main content

Review langkah menanam cabai 6

PENGENDALIAN HAMA, PATOGEN & GULMA PADA TANAMAN CABAI

Beberapa jenis hama dan patogen tanaman cabai dapat menggagalkan panen sama sekali. Tanaman cabai yang bebas dari hama atau patogen (penyebab penyakit) dapat menghasilkan buah 0,2-1,0 kg buah cabai. Tanaman yang terserang virus keriting yang ditularkan oleh beberapa serangga hama tidak akan menghasilkan buah sama sekali. Oleh sebab itu, kita harus mencegah serangan hama atau patogen tersebut sedini mungkin. Untuk mengendalikan gulma, biasanya dilakukan secara bersamaan dengan pembumbunan tanah dan pemupukan karena tidak ada gulma yang membahayakan tanaman cabai.
Jenis-jenis hama penting yang menyerang tanaman cabai adalah penyakit bercak daun (cercospora), penyakit busuk daun (phythoptora), penyakit busuk akar (fusarium dan phytium), penyakit busuk buah (collettricum), dan penyakit keriting atau mosaik (virus keriting atau mosaik).

1. Trips (Trips tabacci)

    Trips tabacci dikenal dengan nama urnum onion trips atau trips bawang. Serangan hama ini bersifat kosmopolit (tersebar luas hampir di seluruh dunia), dan polybag (mempunyai tanaman inang yang banyak). Selain menyerang tanaman cabai, trips juga menyerang tanaman bawang merah, tembakau, waluh, bayam, kentang, kapas, dan tanaman family Cruciferae. Trips merupakan salah satu vektor penyakit virus keriting pada cabai. Trips biasanya me- makan bagian permukaan bawah daun dengan menggunakan alat mulut yang telah mengaiami modifikasi menjadi penusuk pengisap. Daun- daun yang diisap cairannya terlihat bercak-bercak putih perak karena ruang yang kosong pada sel tersebut dirnasuki udara. Kemudian, bercak ini akan menjadi cokelat dan mati. Helaian daun dan pucuk akan mengering.
     Serangga dewasa berukuran kurang lebih 1,0 mm dan warnanya kuning pucat, CokeIat, atau hitam, biasanya berwarna lebih gelap pada suhu yang lebih rendah. Serangga jantan tidak bersayap, sedangkan yang betina mempunyai dua sayap yang berumbai. Pada musim kemarau jumlah populasi meningkat dan akan berkurang bila terjadi hujan lebat. IJmur serangga dapat mencapai 20 hari. Telur trips berbentuk opal atau seperti ginjal dan jumlahnya rata-rata 80 butir. Telur-telur tersebut diletakkan terpisah. Pada perubahan musim tersebut populasi telur trips sangat rendah. Pengendalian secara kimiawi pada hama ini dapat dilakukan dengan menyemprotkan bahan- bahan insektisida dirnetoad, porma tanad, dan hidroklorida, yang bahan racunnya bersifat racun kontak atau sistemik.

2. Ulat Grayak (Spodoptera litura)
       Spodoptera litura sering disebut juga prodenia litura. Hama ini di kalangan petani dikenal dengan nama ulat tentara/ulat grayak (tobacco caterpillar, common cutworm, army worm). Ulat grayak termasuk famili Noctuidae, ordo lepidoptera; hama ini bersifat polyfag. Selain menyerang tanaman cabai, hama ini juga menyerang tembakau, padi, tomat, kentang, bawang merah, pisang, pepaya, kedelai, kacang tanah, dan jeruk. Ulat grayak yang masih berupa larva atau ulat muda menyerang epidermis daun bagian bawah, tetapi setelah mendekati instar akhir, yang di serang adalah seluruh bagian daun, ranting, batang muda, bunga, dan buah tanaman. Telur diletakkan di permukaan atas atau bagian bawah daun dalam kelompok yang berbeda-beda jumlahnya, yaitu antara 100-1.600 butir dan ditutup dengan bulu yang berasal dari abdomen belakang kupu-kupu betina. Warna telurnya putih kekuning-kuningan, dan pada waktu akan menetas berubah warna menjadi hitam.
       Ulat yang baru menetas berwarna hijau dengan bintik hitam pada kedua Sisi dan ruas abdomen pertama sampai terakhir. Ulat dapat mencapai 30-50 mm panjangnya. Stadia ulat lamanya berkisar 13-19 hari. Pupa serangga ini berada di bawah tanah, lama stadia pupa antara 6-10 hari. Serangga dewasa ini berwarna cokelat muda yang panjangnyasekitar 30-40 mm. Siklus hidupnya di selesaikan kira-kira dalam waktu 30 hari. Usaha pengendalian hama ini meliputi penggunaan lampu perangkap terhadap imago dan menyiangi rumput. Di sekitar pertanaman cabai sering digunakan sebagai tempat persernbunyian ulat. Insektisida yang dapat digunakan sebagai alat antara lain diazinon, delta methrin, dan insektisida lain yang bersifat racun perut. 

3. Kutu Daun (Aphis gossypii)
     Kutu daun mempunyai nama unnum melon aphid dan cotton aphid. Selain menyerang tanarnan cabai, serangga hama ini juga menyerang tanarnan Cucurbitaceae (mentimun, melon, paria, dan blewah), kapas, jeruk, kopi, cokelat, kentang, serta jenis tanaman kacang-kacangan. Kutu daun biasanya mengisap cairan dalam jaringan tanaman pada bagian-bagian yang lunak sehingga tanaman akan menjadi kenting, layu, atau membentuk puru. Pada mustm kernarau, tanaman yang terserang kutu daun ini sering mati karena kehabisan cairan.
       Di daerah, seperti di Indonesia, kutu daun berkembang biak secara partenogenetik, yaitu embrio berkembang di dalam tubuh induknya tanpa pertu adanya pembuahan dari serangga jantan. Nimfa yang dilahirkan dari induknya akan menjadi dewasa dalam waktu satu minggu dan telah siap untuk melahirkan generasi bam. Jika populasinya cukup tinggi, sebagian nimfa akan segera menjadi imago yang bersayap sehingga akan mempercepat penyebaran populasi. Usaha pengendalian kutu ini meliputi berbagai cara, yaitu pemupukan yang seimbang, pernangkasan daun terserang, pengaturan larak tanam, penggunaan insektisida dengan bahan aktif endosulfan, dimetoat, atau insektisida lain yang bersifat racun kontak yang disesuaikan dengan kondisi setempat. Pengendalian secara biologis terhadap hama ini belum pernah di lakukan. Akan tetapi, secara ilmiah, kutu daun ini sering dirnakan oleh predator seperti belalang sembah 9 (Mantis sp), kutu tempurung predator (Coccinella), dan laba-laba.


Popular posts from this blog

Cara Membuat Artikel Review

Cara Membuat Artikel review Sebelum lanjut ke pengertian dan cara membuat artikel review, saya mau memperkenalkan terlebih dahulu blog saya yaitu http://www.ruangreview.com , ruangreview.com adalah blog yang berisi artikel-artikel review, atau blog yang dibuat khusus untuk mereview suatu karya, karya tersebut dapat berupa kendaraan, perusahaan, buku, dan benda lain yang di uraikan ke dalam bentuk tulisan.
Review adalah jenis teks atau tulisan yang isinya berupa tinjauan tentang suatu karya, yang membahas tentang asal-usul, kelebihan dan kekurangan, serta spesifikasi suatu karya atau produk dapat berupa kendaraan, perusahaan, rumah, jasa, gadget dan bentu benda lain nya.
Baca : Review Oppo R7s

karya yang dimaksud adalah barang atau produk atau jasa dan layanan yang keberadaan, atau ada nya barang tersebut karena atau akaibat ciptaan, buatan, seseorang atau berkelompok seperti organisasi atau perusahaan.sesuai dengan arti kata karya menurut KBBI.



Untuk membuat artikel review kita harus m…

Review atau ulasan cara mendapatkan backlink EDU dan GOV

Salam sahabat blogger semuanya, kali ini kita akan mereview atau mengulas sekaligus berbagi informasi tentang cara mendapatkan backlinks EDU dan GOV yang banyak di cari para blogger seantero dunia maya, katanya sich bisa mempengaruhi serp dan optimasi seo blog kita, tentunya pengaruh yang positif, seperti meningkatkan posisi artikel di pencarian google.
sebenar nya saya juga mendapatkan cara ini dari salah satu sahabat blogger kita yang ada di dunia maya juga, saya fikir tidak ada salah nya kita mencoba, siapa tau kita benar-benar mendapatkan backlink yang berektensi Edu dan Gov, soal nya saat ini saya juga sedang mencoba tutorial ini.

Cara pertama untuk mendapatkan backlink .edu dan .gov dengan cara redirect : Perhatikan daftar link berikut ya sahabat blogger semua : http://www.prh.noaa.gov/cphc/jump.php?site=http://www.ruangreview.com http://www.samhsa.gov/samhsaNewsletter/redirect.aspx?url=http://www.ruangreview.com http://www.fhwa.dot.gov/programs/link=http://www.ruangreview.comhtt…

Review Hit, obat nyamuk terbaik untuk keluarga

Hit obat nyamuk"Hati-hati ! satu gigitan nyamuk saja anda bisa terkena Malaria, demam berdarah, demam chikungunya, penyakit kaki gajah, atau penyakit kuning, mengidap salah satu nya bisa saja merenggut nyawa orang-orang tersayang di sekitar anda."  Sedikit ulasan HIT obat nyamuk Sebelum lebih jauh, saya sesuaikan dulu tema kali ini dengan title blog nya biar terlihat relevan, Review obat nyamuk Hit, ya itulah judul artikel kita saat ini, kita akan mengulas tentang HIT obat nyamuk, anti nyamuk HIT merupakan produk yang awal nya di produksi oleh perusahaan kimia asal jerman bayer sekitar tahun 1950-an, namun pada tahun 1966 Hit di produksi oleh PT. Megar Sari Makmur, bogor jawa barat, dengan pemanfaatan bahan insektisida yang terkandung dalam produk HIT, membuat obat nyamuk HIT menjadi obat nyamuk yang paling cepat dan efisien dalam mengusir nyamuk dan serangga namun tetap aman untuk keluarga, dan orang sekitar anda. HIT aman dan cepat usir nyamuk HIT obat nyamuk di produksi ole…