Skip to main content

Review langkah menanam cabai 5

CARA MENANAM CABE
 Dalam bercocok tanam cabai yang pertu di- perhatikan adalah pengerjaan tanah, pembenan pupuk kandang, persiapan benih dan pesemaian, penanaman, pemupukan, pengairan, panen, dan pascapanen,

A Pengerjaan Tanah
Pengolahan tanah dilakukan bersamaan dengan kegiatan pesemaian. Hal tersebut dimaksudkan agar pada saat pengerjaan tanah selesai, biblt cabai dapat langsung diptndahkan dari pesemaian ke areal pertanaman. Pekerjaan yang penama dilakukan adaiah mencangkul tanah atau membajaknya. Kemudian, tanah digaru dan batu atau bongkahan tanah yang mengganggu disingkirkan. Setelah itu, dibuat bedengan-bedengan jika tanah tersebut termasuk tanah yang berat atau liat. Setiap bedengan terdiri atas dua jalur tanaman cabai atau satu jalur tanaman cabai. Pekerjaan selanjutnya adalah membuat lubang tanam. Lubang dibuat dengan ukuran 20 x 20 x 20 cm dan jarak antarlubang 60 x 70 cm.

B. Pemberian Pupuk Kandang dan Pupuk Dasar.

Setelah pembuatan lubang selesai, kemudian diberi pupuk kandang atau kompos 1-2 kg perlubang. Pupuk kandang dapat berupa kotoran ayam. kambing, atau sapi. Kotoran ayam adalah yang terbaik. Pada kotoran sapi atau kambing masih sering terdapat bili rumput yang tidak tercerna sehingga pertanaman cabai lebih cepat ditumbuhi rumput atau gulma lainnya. Jika pupuk kandang sulit didapat, sebagai penggantinya dapat diberikan kompos atau bekas bakaran sampah dapur. Pupuk dasar yang berupa campuran urea, TSP. KCI (1:1:1) dapat diberikan sebanyak 15 gr per lubang tanam. Selain itu, diberi juga insektisida yang biasanya berperan sebagai nimatisida yang berbentuk butiran (granule) sebanyak 1- 2 sendok teh per lubang tanam. Setelah itu, campuran pupuk kandang, pupuk dasar, dan insektisida diaduk-aduk dan dibiarkan selama ± 2 minggu

C. Persiapan Benih dan Pesemaian.

1. Persiapan Benih.
Benih cabai dipilih dari buah yang sudah tua, tetapi belum rontok dari pohonnya. Benih ter- sebut diambil dari tanaman pilihan, yakni tanaman yang produksinya tinggi, vigornya baik, dan bebas dari serangan hama dan penyakit. Sebaiknya, tidak digunakan benih cabai yang dibrli dari pasar karena kualitas benih tersebut tidak dapat diketahui dengan pasti. Benih yang didapat langsung dari petani yang menanam pohon cabai pada umumnya akan terjamin mutunya. Oleh karena itu, sebaiknya membeli benih tersebut pada saat harga cabai murah sehingga biaya untuk pembelian benih dapat ditekan. Benih cabai dapat disimpan 6-12 bulan di tempat yang sejuk dan kering tanpa mengurangi daya kecambahnya.
Benih cabai dikeluarkan dari buah dengan cara mengiris daging buah secara berhati-hati, kemudian benih tersebut dipisahkan dari daging buahnya. Setelah itu, benih dikeringkan dengan cara diangin-anginkan dan serabut atau daging buah yang tertinggal dibuang. Benih yang belum siap ditanam disimpan di dalam botol yang bersih dan kering. Benih yang sudah siap dapat disemaikan di kantong plastik atau di pesemaian.

2. Pesemaian.
Pesemaian adalah melakukan kegiatan di lahan pertanian dengan tujuan mendapatkan produksi yang lebih baik. Dalam pelaksanaan pesemaian harus dipethatikan beberapa hal sebagai berikut.
  1. Pembuatan Bedenganl Sebelum penyebaran benih, bedengan pesemaian terlebih dahulu dibuat. Bedengan ini harus diolah semaksimal mungkin agar kegemburan dan kesuburan tanah dapat terjamin dengan perbandingan jumlah pupuk dasar, yaitu pupuk kandang, TSP, dan KCI.
  2. Perlakuan Benih Sebar Sebelum Disebar. Benih yang belum disebar harus mendapatkan perlakuan terlebih dahulu. Misalnya, perendaman benih di air yang telah diberi zat perangsang seperti 1 cc Acetonik dicampur dengan air 250 cc untuk 500 gr benih. Benih direndam selama ± 24 jam, lalu diopen supaya hangat di kantong plastik dan dapat mengurangi kadar aur benih, juga untuk mempercepat pembentukan daun.
  3. Penebaran atau Penyemaian Benih, Benih disemaikan dahulu supaya bisa mendapatkan bibit yang baik dan yang sehat. Pesemaian berupa bedengan yang ukurannya bisa dibuat bagaimana baiknya. Misalnya, dibuat dengan lebar 0,80 cm x 24 m untuk bibit 500 gr. Setelah benih disebar, di atas benih tersebut ditutupi dengan menggunakan sedikit pupuk kandang atau kompos. Tebalnya kira-kira 1 cm. Selanjutnya, untuk melindungi benih dari sengatan matahari atau siraman air hujan, di atas bedengan diberi mulsa. Selesai ini, bedengan dibuatkan naungan yang posisinya miring.
  4. Pengisian Polybag. Pengisian polybag dilakukan setelah penebaran benih sampai selesai. Sambil menunggu benih dapat dipindahkan, polybag tersebut diisi dengan pupuk kandang penuh.
  5. Peminindahan Bibit ke Kantong Plastik, Biasanya dua minggu setelah penebaran, benih sudah tumbuh dan Siap dipindahkan di polybag. Sebelum dipindahkan ke polybag, terlebih dahulu akar yang panjang harus diluruskan supaya perkembangan menjadi norrnal, di tempat baru ini calon bibit dsebarkan sehingga menjadi bibit yang siap tanam. Bisa ditanam apabila tinggi tanaman mencapai 10-15 cm, atau usia nya mencapai 25 hari sampai satu bulan maka tanaman tersebut dapat ditanam.
  6. Perawatan Bibit di Pesemaian, Selama proses pertumbuhan itu pemeliharaan tentu saja dilakukan seperti penyiraman dua kali sehari dan lebih penting lagi penjagaan terhadap kemungkinan serangan hama dan penyakit. Bedengan ini sering kali diserang semut, jangkrik, dan jamur. Untuk pemberantasan ini, bagi sejenis jamur, terutama yang menyerang pangkal batang,bisa menggunakan dithane, Begitu iuga semut dan jangkrik bisa ditambah dengan Furadan. Cara pernakaiannya dapat ditihat pada label. Jangka waktu aplikasi (penggunaan) bisa di- lakukan seminggu sekali, Cara pemndahan bibit ke polybag adalah Tanaman yang baru dicabut dan pesemaian hams dirnasukkan ke kantong khusus pada akar tunggalnya, Hasil potongan akar tersebut disisakant lebih kurang 1,52cm, Membuat lubang tanam pada kantong polybag dengan menggunakan sebatang kayu yang agak tips untuk memudahkan dalarn penanaman. Dan Tempat pesemaian, baik yang menggunakan \ kantong plastik maupun yang menggunakan bedengan, diberi naungan (atap) dengan arah timur dan barat.
  7. penanaman,  Setelah berumur 30 - 40 hari, bibit cabai sudah cukup kuat untuk dipindahkan ke tempat pertanaman. Akar tanaman diusahakan tidak sampai rusak waktu menyobek kantong plastik. Cetakan tanah yang telah berisi bibit cabai ditetakkan pada lubang yang telah disiapkan, kemudian diuruk tanah dan agak ditekan agar biblt tidak mudah roboh. Cetakan tanah diusahakan tidak pecah atau hancur sebab jika pecah atau hancur dapat mengakibatkan kerusakan akar sehingga tanaman akan layu jika terkena panas Snar matahari. Bibit cabai yang tidak menggunakan kantong plastik, yaitu yang disemaikan dibedengan, pemindahan ke tempat penanaman harus dilakukan dengan hati-hati. Akar tanaman diusahakan tidak putus atau rusak. Pengambilan bibit sebaiknya menyertakan tanah supaya akarnya tidak rusak atau putus. Untuk menghindari kerusakan akar, pesemaian harus diusahakan tidak terlalu rapat. Pemndahan bibit dilakukan pada sore hari, yaitu pada saat matahari sudah tidak terlalu terik. Setelah penanaman, harus dilakukan penyiraman secukupnya. Bibit yang berasal dari kantong Plastik biasanya akan layu, sedangkan bibit yang berasal dari paybag biasanya akan layu samentara sekitar dua atau tiga hari. Layu sementara tersebut tidak membahayakan pertumbuhan cabai. Untuk bibit yang baru dipindah harus tetap disiram dua kali setiap hari. Bibit cabai yang tidak mengalami layu sementara juga perlu disirarn setiap pagi hari dan sore hari selama tiga hari berturut-turut. Bibit cabai yang tidak mengalami layu sementara pertumbuhan awalnya akan lebih baik daripada biblt yang rnengalami layu sementara, tetapi pada akhirnya perbedaan tersebut tidak kelihatan lagi pada waktu penanaman dilakukan juga pemupukan dengan menggunakan pupuk urea, TSP, 10 gr masing-masing. Pupuk urea ditaruh pada tubang tugalan pertama, sedangkan pupuk TSP dan KO ditaruh pada lubang tugalan yang lain yang berjarak 10 - 1 5 cm masing-masing dari bibit dengan arah yang berlawanan, utara- selatan atau timur-barat. Pemisahan antara pupuk kandang urea dan pupuk TSP-KCI dimaksudkan untuk menghindari terjadinya ikatan N-P atau N-K sebab kedua ikatan tersebut tidak dapat atau sulit diserap tanaman.
  8. pemupukan, Pada saat tanaman cabai berumur 30 hari, di pertanaman perlu dilakukan pemupukan lagi dengan urea, TSP, dan KCI, 10-15 gr masing- masing Pemupukan yang sama dilakukan juga pada saat tanaman cabai berumur 60, 90, dan 120 hari, dengan dosis dan jenis yang sama. Setiap melakukan pemupukan, jarak antara tanaman dan pupuk tidak boleh terlalu dekat, kira-ktra 10-15 cm dari tanaman. Pupuk mikro diberikan melalui daun, setiap 10 hari sekali menurut konsentrasi yang dianjurkan setiap jenis pupuk. Pupuk mikro berfungsi untuk memperbanyak bunga dan memperkuat buah agar tidak rontok. Selain itu, pupuk mikro dapat mencegah serangan virus keriting daun. Contoh-contoh pupuk mikro yang cukup baik dan banyak dijual di kios-klOS pertaruan, antara lain, gandasil, bayfolan, greenzit, complesal. Tanaman cabai sangat responsif terhadap pemupukan. Oleh karena itu, pemupukan harus dilakukan secara bertahap. Bagi tanaman cabai keriting, cabai besar, dan cabai paprika, pemupukan cukup dilakukan sampai dengan hari ke-120 karena tanaman cabai masa produktifnya akan berkurang pada bulan ketujuh atau kedelapan. Bagi tanaman cabai rawit yang masa produktifnya sampai dengan dua tahun lebih, pemupukan dapat dilakukan terus setiap 30 hari sekali sampai dengan bulan kedua belas dengan dosis dan jenis yang sama. Dosis pemupukan bergantung juga pada jenis tanah yang digunakan, jenis tanaman sebelumnya, dosis pemupukan, dan jenis pupuk yang digunakan sebelumnya.
  9. pengairan Tanaman cabai pada awal perturnbuhannya memerlukan cukup banyak air untuk pertumbuhan cabang, daun, bunga, dan buah. Tanaman cabai yang kekurangan air produksinya akan rendah Jika tidak hujan selama titga hari berturut-turut, tanaman cabai perlu disiram Untuk keperluan pertumbuhannya, tanaman cabai memerlukan air Akan tetapi, air yang tersedia berlebihan dapat merusak perakaran tanaman Tempat pertanaman cabai, harus diusahakan agar sistern pembuangan airya lancar sehingga tempat penanaman tersebut tidak tergenang air. Untuk keperluan ini perlu dibuatkan selokan-selokan di tepi bedengan.

Popular posts from this blog

Cara Membuat Artikel Review

Cara Membuat Artikel review Sebelum lanjut ke pengertian dan cara membuat artikel review, saya mau memperkenalkan terlebih dahulu blog saya yaitu http://www.ruangreview.com , ruangreview.com adalah blog yang berisi artikel-artikel review, atau blog yang dibuat khusus untuk mereview suatu karya, karya tersebut dapat berupa kendaraan, perusahaan, buku, dan benda lain yang di uraikan ke dalam bentuk tulisan.
Review adalah jenis teks atau tulisan yang isinya berupa tinjauan tentang suatu karya, yang membahas tentang asal-usul, kelebihan dan kekurangan, serta spesifikasi suatu karya atau produk dapat berupa kendaraan, perusahaan, rumah, jasa, gadget dan bentu benda lain nya.
Baca : Review Oppo R7s

karya yang dimaksud adalah barang atau produk atau jasa dan layanan yang keberadaan, atau ada nya barang tersebut karena atau akaibat ciptaan, buatan, seseorang atau berkelompok seperti organisasi atau perusahaan.sesuai dengan arti kata karya menurut KBBI.



Untuk membuat artikel review kita harus m…

Review BebasBayar Solusi Pembayaran Keluarga

BebasBayar Solusi Pembayaran Keluarga Salam blogger semuanya, kali ini kita akan mereview suatu penemuan atau terobosan baru di dunia yang serba online saat ini, yang akan membuat hidup kita semakin simpel dan praktis, tentunya kehidupan kita akan jadi lebih mudah, langsung saja ke tema review kita ya sahabat semua, adapun tema review kita kali ini adalah BebasBayar Solusi Pembayaran Keluarga. BebasBayar adalah situs yang menyediakan layanan pembayaran tagihan secara online, baik tagihan bulanan, tahunan, harian, yang semuanya bisa anda bayar kapanpun dan dimanapun tanpa harus pergi ke tempat atau kantor pelayanan pembayaran. dengan jenis pembayaran terlengkap dan terpercaya dengan pelayanan 24 jam penuh setiap hari.


lalu bagaimana BebasBayar membantu kita? di saat sahabat semua berada pada posisi seperti yang saya alami di bawah ini BebasBayar akan menjelma bagai malaikat penolong : "singkat cerita ya sahabat semua, saya adalah seorang karyawan di suatu organisasi dengan hari ker…

Review atau ulasan cara mendapatkan backlink EDU dan GOV

Salam sahabat blogger semuanya, kali ini kita akan mereview atau mengulas sekaligus berbagi informasi tentang cara mendapatkan backlinks EDU dan GOV yang banyak di cari para blogger seantero dunia maya, katanya sich bisa mempengaruhi serp dan optimasi seo blog kita, tentunya pengaruh yang positif, seperti meningkatkan posisi artikel di pencarian google.
sebenar nya saya juga mendapatkan cara ini dari salah satu sahabat blogger kita yang ada di dunia maya juga, saya fikir tidak ada salah nya kita mencoba, siapa tau kita benar-benar mendapatkan backlink yang berektensi Edu dan Gov, soal nya saat ini saya juga sedang mencoba tutorial ini.

Cara pertama untuk mendapatkan backlink .edu dan .gov dengan cara redirect : Perhatikan daftar link berikut ya sahabat blogger semua : http://www.prh.noaa.gov/cphc/jump.php?site=http://www.ruangreview.com http://www.samhsa.gov/samhsaNewsletter/redirect.aspx?url=http://www.ruangreview.com http://www.fhwa.dot.gov/programs/link=http://www.ruangreview.comhtt…