Skip to main content

Review langkah menanam cabai 4

SYARAT TUMBUH

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabai Faktor-faktor ltu, antara lain, iklim, tinggi rendah- nya letak geografis, kesuburan tanah, dan faktor biotik, seperti gangguan hama, patogen, dan turnbuhan pengganggu.

A Faktor Iklim
Faktor iklim yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman caba meliputi sinar matahari, curah hum, kelembapan, suhu udara, angin, dan penguapan. Tanaman cabai sangat memerlukan sinar matahari. Apabila kurang mendapatkan sinar matahari di pesemaian atau pada awal per- turnbuhannya, tanaman cabai akan mengalami etiolasi, jumlah cabang sedikit, dan akibatnya buah cabai yang dihasilkan juga berkurang karena bunga cabai akan muncul dari setiap cabang. Jadi, tanaman cabai yang semakin banyak cabangnya akan semaktn lebat buahnya. Kecuali cabai rawit, jenis cabai yang Iain sangat tidak tahan terhadap curah hujan. Curah hujan yang tinggl pada saat tanaman cabai merah keriting, cabai merah besar, paprika sedang berbunga akan mengakibatkan kegagalan dalam panen. Menanam cabai merah atau paprika harus memperhitungkan waktu yang tepat. Misalnya, menanam cabai merah pada akhir musim hujan (kira-kira bulan Maret atau April) sehingga tanaman berbunga dan berbuah tepat pada musim kemarau. Di daerah tertentu orang menanam cabai di rumah plastik atau rumah kaca untuk meng- hindari hujan. Walaupun biaya penanaman cukup tinggi, hasil pemasukan juga berlipat ganda sebab harga cabai pada musim hujan dapat menjadi dua atau tiga kali lipat daripada musim kemarau. Tanaman cabai dapat tumbuh di daerah yang mernpunyai kelembapan udara yang tinggi sampai sedang. Kelernbapan udara yang terlalu rendah akan mengurangi produksi cabai. Suhu rata-rata yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabai adalah18 derajat celcius s/d 30 derajat celcius. Suhu udara yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat menyebabkan turunnya produksi Angin yang bertiup kencang juga akan merusak tanaman cabai. Ttupan angin yang kencang akan mematahkan ranting, menggugurkan bunga dan buah, bahkan dapat merobohkan tanaman. Penguapan yang tinggi dapat menyebabkan produksi cabai menurun. Untuk mengurangi faktor penguapan, tanaman cabai disiram dua atau tiga kali seari.

 B. Tinggi Rendahnya Letak Geografis Tanaman cabai dapat tumbuh dengan baik dib dataran rendah atau di dataran tinggi. Dengan kata Iain, tanaman cabai tidak membutuhkan suatu ketinggian tempat yang khustts untuk per- turnbuhannya. Tlnggi rendahnya suatu tempatudara dan kelembapan udara. Perbedaan ke lembapan udara dan suhu yang cukup besar sangat penting untuk pertumbuhan cabai. Misal- nya, di daerah dataran rendah yang suhunya tinggi harus diimbangi dengan kelembapan udara yang tinggi pula.

 C. Kesuburan Tanah Kesuburan tanah sangat penting untuk tanaman cabai. Selain sebagai penyangga akar, tanah Juga berfungsi sebagai penyedia air, zat hara, dan udara bagi pernapasan akar tanaman. Tanah yang subur dapat menyebabkan penumbuhan dan perkembangan tanaman secara optimal. Faktor-faktor yang menyuburkan tanah adalah kandungan air, bahan organik, batuan induk, suhu, organisme tanah, keasaman tanah, struktur dan teksturtanah, serta kelengkapan dan ketersediaan zat-zat hara.

 Tanaman cabai tidak memerlukan struktur tanah yang khusus. Tanah yang banyak mengandung bahan organik, baik dari jenis tanah liat maupun jenis tanah pasir sangat baik untuk perturnbuhan tanaman. Penambahan unsur hara, seperti pupuk kandang atau kompos, sangat diperlukan tanaman cabai. Biasanya, pupuk ini diberikan pada saat sebelum menanam Tanaman cabai tumbuh baik pada keasaman tanah (pH) 5,0-7,5 Pada keasaman tanah yang sangat rendah, yaitu sekitar pH 4,0, tanaman cabai masih dapat tumbuh dengan baik, tetapi produksi buah agak berkurang karena beberapa unsur hara akan sulit diserap. Pemberian kapur untuk meningkatkan pH jarang dilakukan pada penanaman cabai karena dengan pemupukan TSP yang cukup untuk pupuk dasar sudah dapat meningkatkan pH. Tanah yang lembap tetapi tidak tergenang air sangat cocok untuk tanaman cabai. Pada tanah yang bersifat liat, seperti tanah persawahan harus dibuat bedengan-bedengan agar tanaman cabai tidak tergenang air. Pada tanah yang ber- sifat pasir, atau pada tanah yang poreus, tidak pedu dibuatkan bedengan, tetapi sebulan sekali tanah hams dibumbun kembali agar akar cabal tetap dalam keadaan tertimbun.

D. Faktor Biotik Selain faktor-faktor abiotik, yaitu iklim dan tanah, yang perlu diperhatikan juga faktor biOtik.Hama, patogen, dan gulma adalah faktor biotik yang sering menggagalkan panenan cabai.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Artikel Review

Cara Membuat Artikel review Sebelum lanjut ke pengertian dan cara membuat artikel review, saya mau memperkenalkan terlebih dahulu blog saya yaitu http://www.ruangreview.com , ruangreview.com adalah blog yang berisi artikel-artikel review, atau blog yang dibuat khusus untuk mereview suatu karya, karya tersebut dapat berupa kendaraan, perusahaan, buku, dan benda lain yang di uraikan ke dalam bentuk tulisan.
Review adalah jenis teks atau tulisan yang isinya berupa tinjauan tentang suatu karya, yang membahas tentang asal-usul, kelebihan dan kekurangan, serta spesifikasi suatu karya atau produk dapat berupa kendaraan, perusahaan, rumah, jasa, gadget dan bentu benda lain nya.
Baca : Review Oppo R7s

karya yang dimaksud adalah barang atau produk atau jasa dan layanan yang keberadaan, atau ada nya barang tersebut karena atau akaibat ciptaan, buatan, seseorang atau berkelompok seperti organisasi atau perusahaan.sesuai dengan arti kata karya menurut KBBI.



Untuk membuat artikel review kita harus m…

Review atau ulasan cara mendapatkan backlink EDU dan GOV

Salam sahabat blogger semuanya, kali ini kita akan mereview atau mengulas sekaligus berbagi informasi tentang cara mendapatkan backlinks EDU dan GOV yang banyak di cari para blogger seantero dunia maya, katanya sich bisa mempengaruhi serp dan optimasi seo blog kita, tentunya pengaruh yang positif, seperti meningkatkan posisi artikel di pencarian google.
sebenar nya saya juga mendapatkan cara ini dari salah satu sahabat blogger kita yang ada di dunia maya juga, saya fikir tidak ada salah nya kita mencoba, siapa tau kita benar-benar mendapatkan backlink yang berektensi Edu dan Gov, soal nya saat ini saya juga sedang mencoba tutorial ini.

Cara pertama untuk mendapatkan backlink .edu dan .gov dengan cara redirect : Perhatikan daftar link berikut ya sahabat blogger semua : http://www.prh.noaa.gov/cphc/jump.php?site=http://www.ruangreview.com http://www.samhsa.gov/samhsaNewsletter/redirect.aspx?url=http://www.ruangreview.com http://www.fhwa.dot.gov/programs/link=http://www.ruangreview.comhtt…

Review Hit, obat nyamuk terbaik untuk keluarga

Hit obat nyamuk"Hati-hati ! satu gigitan nyamuk saja anda bisa terkena Malaria, demam berdarah, demam chikungunya, penyakit kaki gajah, atau penyakit kuning, mengidap salah satu nya bisa saja merenggut nyawa orang-orang tersayang di sekitar anda."  Sedikit ulasan HIT obat nyamuk Sebelum lebih jauh, saya sesuaikan dulu tema kali ini dengan title blog nya biar terlihat relevan, Review obat nyamuk Hit, ya itulah judul artikel kita saat ini, kita akan mengulas tentang HIT obat nyamuk, anti nyamuk HIT merupakan produk yang awal nya di produksi oleh perusahaan kimia asal jerman bayer sekitar tahun 1950-an, namun pada tahun 1966 Hit di produksi oleh PT. Megar Sari Makmur, bogor jawa barat, dengan pemanfaatan bahan insektisida yang terkandung dalam produk HIT, membuat obat nyamuk HIT menjadi obat nyamuk yang paling cepat dan efisien dalam mengusir nyamuk dan serangga namun tetap aman untuk keluarga, dan orang sekitar anda. HIT aman dan cepat usir nyamuk HIT obat nyamuk di produksi ole…